BRPAM Laksanakan Leadership Training 2018

24 November 2018

Kepemimpinan (leadership) merupakan kapasitas yang melakat pada setiap manusi, yang dapat diperoleh melalui pengaruh eksternal maupun yang telah dalam diri sendiri (genetik). Karena itu kepemimpinan itu harus diasah dan dikembangkan agar mampu menjawab kebutuhan, tingkatan, kapasitas dan pengaruh seorang pemimpim pada organisasi atau kelompok yang dipimpinya. Dalam sebuah organisasi, keberhasilan pemimpin dinilai dari pencapaian tujuan atau target yang ditentukan oleh organisasi. Namun pada era sekarang, kepempinan yang baik atau pemimpin yang berhasil bukan sekedar pencapaian target, namun kemampuan pemimpin tersebut membangun sistem, menyiapkan sumber daya, menetapkan standar operasio prosedur (SOP) dan sistem monitoring yang terukur. Selain itu, tipe kepemimpinan akan berpengaruh pada keberhasilan dan kinerja sebuah organisasai. Demikian beberapa catatan dari diskusi peserta pada pelatihan yang diselenggarakan oleh BRPAMDKI, tanggal 21 November 2018 di Hotel Santika, Slipi Jakarta.

Leadership Training 2018

 

Pelatihan yang diberi judul Leadership Training dilaksanakan atas kerjasama BRPAM dengan Value Consult, diikuti oleh 24 peserta yang berasal dari BRPAM, PAM Jaya, PALYJA, Aetra dan DKI Jakarta. Instruktur utama pelatihan G. Suardhika, MBA, yang lebih dari 20 tahun berkecimpung dalma pelatihan kepemimpinan di berbagai perusahaan-perusahaan dan pemerintah. Pelatihan dibuka oleh Donna Ria Silaen, Ketua BRPAM, yang menyampaikan bahwa setiap orang harus terbuka dalam mengenali potensinya dan kemampuan leadership-nya, diibaratkan seperti melihat gelas yang berisi air setengah. “Gelas berisi air setengah, apakah anda lihat setengah kosong atau setengah berisi” kata ibu Ketua menjelaskan maksudnya. Ferdy B. Madian, Anggota BRPAM, yang menjadi penanggungjawab pelatihan ini sebelumnya juga memberikan pengantar pelatihan dan penjelasan maksud,  tujuan  dan agenda pelatihan.

Leadership Training 2018_2

Dalam pelatihan yang berlansung secara partisipatif dan dinamis tersebut, peserta mendapatkan pengetahuan dalam mengenali kepribadian, tipe kepemimpinan, kemampuan mengenali peran kepemimpinan dalam organisasi/lembaga dan mengenali prinsip mendesak (urgent) dan penting (important) dalam pengambilan keputusan. Pelatihan ditutup sore hari dan kepada peserta, oleh G.Suardhika, sebagai instruktur, diberikan sertifikat keikutsertaan pelatihan, setelah sebelumnya dilakukan evaluasi.

Sebagaimana diketahui, Leadership Training 2018, merupakan bagian rencana kerja BRPAM tahun2018, yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas sekaligis menyegarkan (refreshing) kemampuan pegawai di lingkungan BRPAM dalam isu-isu terkait sumber daya manusia. Setiap penyelenggaraannya, BRPAM mengikutsertakan perwakilan dari PAM Jaya, Aetra, PALYJA dan BPBUMD, sebagai pihak-pihak yang terkait dalam pelayanan air minum di Jakarta.(DHS)

           

 


Berita Terkait Layanan Air Minum

Jakarta Bentuk Tim Gabungan Suplai Air

www.indopos.co.id Kamis, 16 Agustus 2018
INDOPOS.CO.ID - PAM Jaya bersama PALYJA dan AETRA membentuk Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian ... Baca Selengkapnya  

Anies Bentuk Tim Ambil-Alih Pengelolaan Air Minum dari Swasta

poskotanews.com Kamis, 16 Agustus 2018
JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk tim khusus untuk persiapan ... Baca Selengkapnya  

DKI Bentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum, ini Anggotanya...

kompas.com 15 Agustus 2018 Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Kurnia Sari Aziza
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air ... Baca Selengkapnya  

PAM Jaya Pastikan Pasokan Air di 51 Arena Asian Games Aman

suara.com 13/08/2018
Suara.com - Perusahaan Air Minum atau PAM Jaya memastikan pasokan air di 51 arena pertandingan ... Baca Selengkapnya  

Smart Control Room di Instalasi Pengolahan Air Buaran

Kumparan.com Rabu 08 Agustus 2018
PDAM DKI Jakarta dan PT Aetra Air Jakarta melakukan inovasi dengan peresmian Smart Operation with ... Baca Selengkapnya