AETRA Bangun Pompa Tekan & Reservoir di Sunter

15 Agustus 2018

Pembangunan Pompa Tekan dan Reservoir Sunter ini merupakan bagian dari upaya AETRA dalam meningkatkan pelayanan pelanggan, berkapasitas pemompaan 800 liter/detik dan kapasitas reservoir 2.500 m3 yang merupakan salah satu pioner di kalangan PDAM di Indonesia. Bangunan terpenting dalam design Pompa Tekan dan Reservoir Sunter ini meliputi :

  • Ruang Kontrol untuk mengendalikan Pompa dan Tangki Air.
  • Ruang Listrik Tegangan Tinggi 20 KV
  • Ruang Listrik Tegangan Rendah dan VSD
  • 2 (dua) pompa berkapasitas masing-masing 800 liter / detik.
  • Kapasitas reservoir sebesar 2.500 m3.

Pengoperasian Pompa Tekan & Reservoir Sunter ini diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta DR. H. Saefullah ,Mpd pada hari Rabu 15 Agustus 2018. Dalam sambutannya Sekretaris Daerah mengharapkan agar keberadaan pompa & reservoir semakin meningkatkan pelayanan AETRA dalam penyediaan air bersih di Jakarta, terutama menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Gambar 1. Momen Bapak Saefullah selaku Sekda Provinsi DKI Jakarta bersama Direksi PAM JAYA dan AETRA

Sebelumnya pada kesempatan itu, dalam laporannya Direktur Utama AETRA, M. Selim menerangkan bahwa Pembangunan Pompa, reservoir dan utilitas lainnya dilakukan secara swadaya oleh tenaga-tenaga AETRA, dimana aspek keselamatan kerja menjadi perhatian penting.

Dijelaskan oleh Selim, bahwa pengoperasian Pompa Reservoir telah berhasil menaikkan tekanan di konsumen sebesar 50% dan konsumsi penggunaan air meningkat 15%, dan diharapkan mampu melayani penambahan pelanggan hingga 80.000 sambungan.

Sejalan dengan Selim, Direktur Utama PAM JAYA, Erlan Hidayat menyampaikan bahwa keberadaan utilitas AETRA ini diharapkan mempu meningkatkan daya tahan Jakarta atas kerentanan air bersih.

Secara teknis, pembangunan utilitas ini adalah dengan menggunakan pompa submersible (terpendam dalam tanah) agar bisa meredam kebisingan, juga menggunakan elevated reservoir (di atas tanah) dengan bahan steel bolt yang berlapis epoxy coating,  yang berguna jika terjadi pemadaman listrik, tinggi air di dalam reservoir masih bisa menyuplai air ke pelanggan dengan waktu tertentu. Juga dilengkapi VSD sebagai control flow pressure agar hemat energi. Sistem ini dapat dioperasikan melalui remote area atau control room atau gadget yang berada di pusat operasional AETRA.

Kombinasi Pompa Tekan & Reservoir (Tandon Air) dibuat sebagai bentuk optimalisasi pelayanan kepada pelanggan, hal ini untuk mengantisipasi terganggunya kontinuitas suplai air perpipaan baik gangguan yang terencana maupun karena kondisi emergensi. Lebih dari itu, bahwa pembangunan fasilitas ini juga untuk menaikkan tekanan air dan jumlah debit air yang diterima pelanggan terutama dalam jam-jam sibuk, sehingga pe;anggan dapat menerima air dengan lebih banyak secara terus menerus sehingga bisa mengurangi penggunaan air tanah (Program Zero Deepwell). Desain pembangunan utilitas dan landscape dikonsultasikan dan sekaligus disupervisi oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Desain Utilitas Pompa Reservoir

Turut hadir dalam peresmian ini antara lain Wakil Walikota Jakarta Utara, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Regulator PAM DKI Jakarta, Jajaran Direksi AETRA, Komisaris AETRA, perwakilan pelanggan, media massa dan pemangku kepentingan lainnya.(DHS)


Berita Terkait Layanan Air Minum

Jakarta Bentuk Tim Gabungan Suplai Air

www.indopos.co.id Kamis, 16 Agustus 2018
INDOPOS.CO.ID - PAM Jaya bersama PALYJA dan AETRA membentuk Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian ... Baca Selengkapnya  

Anies Bentuk Tim Ambil-Alih Pengelolaan Air Minum dari Swasta

poskotanews.com Kamis, 16 Agustus 2018
JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk tim khusus untuk persiapan ... Baca Selengkapnya  

DKI Bentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum, ini Anggotanya...

kompas.com 15 Agustus 2018 Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Kurnia Sari Aziza
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air ... Baca Selengkapnya  

PAM Jaya Pastikan Pasokan Air di 51 Arena Asian Games Aman

suara.com 13/08/2018
Suara.com - Perusahaan Air Minum atau PAM Jaya memastikan pasokan air di 51 arena pertandingan ... Baca Selengkapnya  

Smart Control Room di Instalasi Pengolahan Air Buaran

Kumparan.com Rabu 08 Agustus 2018
PDAM DKI Jakarta dan PT Aetra Air Jakarta melakukan inovasi dengan peresmian Smart Operation with ... Baca Selengkapnya