BRPAM hadir pada Sosialisasi dan Temu Pelanggan PALYJA di Kelurahan Grogol Utara

29 Mei 2017

Dalam rangka meningkatkan komunikasi kepada pelanggan, pada tanggal 23 Mei 2017, PT. PALYJA menyelenggarakan sosialisasi dan temu pelanggan di Kelurahan Grogol Utara, Jakarta Selatan, bertempat di kantor RW 011. Acara tersebut dibuka oleh Muaz selaku Ketua RW 011 Kelurahan Grogol Utara, yang pada sambutannya menghimbau warga agar memanfaatkan kegiatan sosialisasi PALYJA untuk menanyakan dan sekaligus menggali informasi sebanyak-banyaknya seputar pelayanan air minum di DKI Jakarta khususnya di wilayah Kelurahan Grogol Utara Jakarta Selatan. Selanjutnya  Syifa, dari Divisi Coorporate Communication  PALYJA, menjelaskan tentang PALYJA dan perannanya dalam penyediaan air bersih di wilayah Barat DKI Jakarta. Paparan teknis disampaikan oleh Faisal, selaku Bagian Marketing DPP Selatan PALYJA, yang menjelaskan bahwa dalam operasionalnya PALYJA menggunakan air baku dari Waduk Jatiluhur, di Provinsi Jawa Barat,  sebagai air olahan dan air bersih yang berasal dari PDAM Kota Tangerang untuk menambah suplai air minum perpipaan kepada warga di Jakarta. Hal ini dilakukan  karena hingga saat ini, Operator belum dapat memanfaatkan sungai di Jakarta sebagai sumber air baku mengingat air sungai di Jakarta saat ini sudah tercemar dan tidak memenuhi syarat  sebagai sumber air baku. Dalam kaitan dengan kondisi sungai, Faisal menghimbau warga Kelurahan Grogol Utara untuk menjaga kebersihan sungai agar di masa yang akan datang, sungai di Jakarta dapat dimanfaatkan sebagai air baku. Selain itu, Faisal juga menghimbau agar warga yang masih menggunakan air tanah untuk segera beralih menggunakan air minum perpipaan karena air tanah Jakarta saat ini belum tentu baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air minum perpipaan yang sudah memenuhi standar Kementerian  Kesehatan yang tertuang dalam Permenkes No. 492 tahun 2010. “Air minum perpipaan yang disalurkan PALYJA sudah teruji secara kualitas dibawah pengawasan Laboratorium  bersertifikasi Internasional” jelas Faisal.   

Dijelaskan lebih lanjut bahwa saat ini PALYJA memberikan program Paket Hemat Sambungan Baru Air Bersih dengan cicilan 12 kali tanpa bunga (bunga 0%) untuk wilayah Kelurahan Grogol Utara, dan daerah lain yaitu Kelurahan Krendang dan  Duri Kosamni. Ketiga kelurahan tersebut menjadi Pilot Project dari Paket Hemat cicilan sambungan baru air bersih. “Prosedurnya sangat mudah, warga hanya perlu menyiapkan berkas persyaratan berupa Fotocopy KTP, Fotocopy PBB/ Akta Jual Beli/Akta Hibah atau Surat Perjanjian Kontrak bila warga mengontrak rumah” urai Faisal. Pendaftaran dapat dilakukan melalui Call Center PALYJA 24 Jam di nomor 2997 9999 atau Kantor Hubungan Pelanggan (KHP) terdekat. Setelah pendaftaran, petugas PALYJA akan melakukan survey ke lokasi calon pelanggan untuk persyaratan teknis. Selanjutnya calon pelanggan akan menandatangani surat permohonan dan pernyataan menjadi pelanggan PALYJA. Penyambungan akan dilakukan 1 (satu) hari setelah berkas lengkap dan memenuhi persyaratan teknis.

Pada sesi tanya jawab, tampak antusias warga menanyakan informasi rinsi prosedur sambungan baru. “Bagaimana bila warga ingin memasang sambungan baru namun kondisinya mereka mengontrak rumah?” tanya Rohana warga RT 2/RW 11. Atas pertanyaan Rohana, Faisal menyampaikan bahwa kemungkinan calon pelanggan tidak dapat memenuhi syarat berupa foto kopi PBB karena berstatus sebagai pengontrak, namun solusinya adalah calon pelanggan yang berstatus pengontrak dapat dipasang sambungan baru bila ada izin dari pemilik rumah dan menunjukkan Surat Perjanjian Kontrak Sewa bermaterai antara Penyewa rumah kontrakan dengan pemilik rumah/pemberi sewa. Untuk  hal inipun, PALYJA masih akan melakukan kroscek untuk memastikan bahwa rencana pemasangan sambungan baru mendapat persetujuan dari pemilik rumah.

Selain pertanyaan seputar sambungan baru, warga juga mempertanyakan kualitas pelayanan. Nur Ali (laki-laki) dan Lelly dari RW 11 menyampaikan sudah hampir satu tahun air keluar kecil dan bahkan ada daerah tertentu yang airnya tidak keluar pada malam hari, seraya berharap agar segera ditindaklanjuti oleh PALYJA. Selain itu Ibu Lelly mengusulkan bila ada pekerjaan perbaikan yang berdampak pada terhentinya pasokan air/air mati, PALYJA memberikan informasi terlebih dahulu agar pelanggan siap dalam menampung air sebelum air mati. Atas usul itu, Effendi dari bagian Distribution Network PALYJA, menanggapi  bahwa untuk pekerjaan proyek besar yang mengakibatkan terhentinya pasokan air dalam waktu yang lama, PALYJA selalu memberikan informasi pemberitahuan melalui sms ke pelanggan. “Namun bila ada proyek-proyek pekerjaan sambungan pipa lama ke yang baru, maka kami akan menutup keran (valve) untuk sementara dan mengakibatkan air mati untuk waktu yang tidak lama maka hal itu kami tidak melakukan pemberitahuan” pungkas Effendi. Ditambahkan bahwa saat ini sedang  berlangsung pekerjaan saluran dan  relokasi  pipa PALYJA di area Palmerah Barat, akibatnya daerah Grogol Utara, Jalan Cempaka, dan Pal Merah Pluis dan sekitarnya tekanan mengalami gangguang dan relatif kecil. “Kami masih mendata dan melakukan cek ke lokasi seperti di Jalan Kemandoran, Jalan Cempaka, dan Pal Merah Pluis dan memang ada kendala di wilayah Permata Hijau Barat dan disana ada aliran pipa yang kurang lancar dan mungkin minggu depan pekerjaannya selesai dan diharapkan perbaikan ini akan memberikan berdampak lebih baik” pungkas Effendi.

Pada penghujung acara, Hamdilyan dari Marketing DPP Selatan PALYJA menghimbau agar pelanggan melakukan pembayaran rekeningtepat waktu.  Senada dengan itu, Kusnami, bagian Billing Collection PALYJA mengingatkan untuk tidak melakukan pembayaran melalui petugas di lapangan,  karena seluruh pembayaran apapun baik sambungan baru maupun pembayaran tagihan rekening harus melalui Bank atau datang langsung ke KHP terdekat. Selain itu pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, Kantor Pos, Indomaret dan Alfamaret. Acara ditutup oleh Muaz selaku Ketua RW 011 pada jam 12.00 dengan pembacaan doa (kms/dhs)


Berita Terkait Layanan Air Minum

Malam Ini, Pasokan Air Palyja Kembali Normal secara Bertahap

Kompas.com - 14/07/2017
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat terhenti akibat terputusnya aliran listrik, pasokan air bersih ... Baca Selengkapnya  

Gangguan Listrik Hambat Pasokan Air Palyja

Kompas.com - 13/07/2017
JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokan air bersih dari PT PAM Lyonnaise Jaya ( Palyja) mengalami gangguan ... Baca Selengkapnya  

Pipa Air Bocor Bikin Macet JORR, Ini Reaksi PAM Jaya

Viva.co.id Senin, 19 Juni 2017 Oleh : Lis Yuliawati, Foe Peace Simbolon
VIVA.co.id – Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat mengemukakan, perbaikan pipa bocor di Jalan ... Baca Selengkapnya  

Pipa Bocor, Air PAM Genangi Jalan Raya Bogor di Pasar Rebo

Kompas.com - 19/06/2017
JAKARTA, KOMPAS.com - Pipa air PAM yang terpasang di sekitar Jalan Raya Bogor arah Bogor di Pasar ... Baca Selengkapnya  

PT Aetra Datangkan Mobil Tangki Air Bersih untuk Kebutuhan Warga

wartakota.tribunnews.com Senin, 19 Juni 2017
WARTA KOTA, CIJANTUNG -- Pagi tadi ruas Jalan Raya Bogor terendam air akibat pipa air bocor, ... Baca Selengkapnya