Sosialisasi dan Temu Pelanggan, Strategi Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pelayanan PALYJA

24 Februari 2017

Menyikapi meningkatnya kebutuhan air minum dan sekaligus menjawab tuntutan peningkatan kualitas layanan, operator air minum di Jakarta, khususnya PALYJA, melakukan berbagai upaya perbaikan layanan kepada pelanggan. Upaya tersebut disampaikan kepada  pelanggan dalam pertemuan-pertemuan pelanggan yang digagas oleh PALYJA.  PALYJA secara rutin menyelenggarakan Sosialisasi dan temu pelanggan di beberapa wilayah pelayanan. Pada acara pertemuan Sosialisasi dan temu pelanggan itu PALYJA juga dapat menggali informasi terkait pelayanan air minum perpipaan di wilayah tersebut, baik keluhan pelanggan sampai dengan pertanyaan yang ingin mengetahui prosedur dan tata cara berlangganan.  Pada bulan Februari ini, pertemuan berlangsung di Kelurahan Grogol Utara, dan berlokasi di RW 05.

Acara sosialisasi tersebut yang merupakan sosialisasi perdana di awal tahun 2017, dan dihadiri oleh perwakilan UPP selatan PALYJA dan perwakilan BRPAM. Dalam pertemuan tersebut, warna juga menanyakan tata cara menjadi pelanggan air minum. Oleh PALYJA dijelaskan bahwa untuk menjadi pelanggan , calon pelanggan harus mendaftar terlebih dahulu melalui call center PALYJA atau daftar online di website PALYJA atau melalui KHP (Kantor Hubungan Pelanggan) terdekat. Selanjutnya calon pelanggan mempersiapkan fotocopy KTP, KK dan PBB rumah tinggal tahun terakhir. Bila persyaratan sudah terpenuhi sambungan pelanggan dapat dilakukan dalam waktu yang tidak lama “Paling lambat dalam waktu tiga hari kerja setelah persyaratan pendftarannya lengkap, proses survei dilaksanakan dan pembayaran dilakukan oleh calon pelanggan, petugas PALYJA akan melakukan pemasangan sambungan pipa dan meter air” kata Faisal selaku Marketing Dept. PALYJA. Pada acara tersebut, salah seorang warga RT 02 / RW 05 yang bernama Menih mengeluhkan masalah air yang keluar terkadang keruh. Menjawab pertanyaan tersebut, pihak PALYJA menjelaskan bahwa sesungguhnya air yang sudah diolah di instalasi pengolahan air itu sudah bersih dan layak konsumsi/diminum langsung namun seiring perjalanannya menuju ke rumah pelanggan tentunya akan melelwati pipa-pipa yang tersebar di beberapa area, dan tidak tertutup kemungkinan seandainya ada kebocoran pada pipa tersebut maka kotoran dari luar masuk dan mengendap di dalam air perpipaan tersebut dan terbawa air keluar lewat keran air. “Air keruh yang terkadang keluar dari pipa PALYJA dapat disebabkan oleh pipa-pipa yang sudah tua dan kebocoran pada pipa tersebut. Pada pipa yang bocor, air kotor dari luar dapat masuk ke dalam pipa dan kotorannya terbawa pada aliran Pipa” terang Johan selaku CS Dept Head PALYJA. Johan menjelaskan bahwa solusinya, pelanggan dapat membuka keran tersebut dan memeriksa apakah ada endapan kotoran yang tersangkut di dalam Pipa tersebut sebelum airnya digunakan. Lanjut Johan, bila keluarnya air keruh sering terjadi, maka pelanggan dapat melapor ke PALYJA dan PALYJA akan mengirimkan tim teknis untuk mengevaluasi apakah ada kebocoran pada pipa pelanggan.

Untuk masalah lain, Ibu Sri Sumiyati dan ibu Derni yang mengeluhkan masalah tagihan yang tiba-tiba melonjak signifikan. Atasa keluhan ini PALYJA menjelaskan bahwa tagihan yang tiba-tiba melonjak dapat disebabkan oleh pola pemakaian air pelanggan yang banyak, terjadinya reklasifikasi golongan pelanggan atau adanya kebocoran di dalam instalasi warga yang bersangkutan. “Bagi warga yang terkena reklasifikasi golongan pelanggan  yang biasanya disebabkan oleh perubahan bentuk dan luas bangunan yang ditingkatkan, maka sudah tentu akan menyesuaikan dengan tarif yang baru” ungkap Faisal dari Marketing PALYJA. Faisal juga mengungkapkan bahwa peruntukkan penggunaan bangunan juga dapat mengubah golongan dan tarif pelanggan dan terkati  keluhan Ibu sri Sumityati dan Ibu Derni, pihak PALYJA akan mendata nomor rekening dan contact person mereka untuk tindak lanjut dari masalah tersebut, PALYJA akan mengirimkan petugas untuk mengecek luas bangunan dan mengecek apakah ada kebocoran pada instalasi perpipaan warga tersebut.

“Bagaimana cara mengganti meteran air PAM?” Tanya Heri Prasetio, warga RT 04 / RW 05, kepada pihak PALYJA. Heri berharap agar dilakukan penggantian meter yang terpasang di rumahnya, karena saat ini neteran yang ada terpendam di dalam tanah sehingga menyulitkan dalam pembacaan meter. Kedudukan meteran tersebut menjadi lebih rendah dari permukaan tanah akibat permukaan lantai rumah lebih tinggi. “Idealnya peletakan meteran pada setiap pelanggan PALYJA, harus bisa diakses oleh pencatat meter, terkait dengan meteran yang terpendam di tanah, bisa diakibatkan oleh turunnya muka tanah atau renovasi bangunan rumah yang ditinggikan lantainya “ pungkas Kusnami dari Billing Coll. PALYJA. Kusnami menjelaskan bahwa solusinya pelanggan dapat melaporkan dan mengajukan untuk rehab aksesoris meter melalui call center atau kantor KHP terdekat atau melalui pertemuan ini bisa berikan kepada kami no. rekening, alamat rumah pelanggan, dan nomor contact person pelanggan agar bisa cepat kami tindak lanjuti. Rehab aksesoris meter tidak dipungut biaya (gratis).

Dalam momen sosialisasi dan temu pelanggan PALYJA yang penuh dengan suasana kekeluargaan, PALYJA juga membagi-bagikan brosur dan formulir isian untuk warga yang ingin menjadi pelanggan air minum perpipaan dan juga mendata warga yang mempunyai keluhan terhadap pelayanan air minum (teknis & non teknis) dan meminta nomor rekening dan nomor telepon guna ditindaklanjuti keluhan-keluhan para warga yang bersangkutan.

Atas kegiatan sosialisasi ini, BRPAM mencatat bahwa bahwa Sosialisasi dan Temu Pelanggan merupakan cara yang tepat dan paling efektif untuk menyampaikan segala informasi kepada pelanggan, yang akhirnya dapat  meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan pelanggan. Dengan komunikasi yang efektif dalam acara sosialisasi tersebut, keinginan pelanggan dapat dimengerti dengan segera dan sekaligus diberikan jalan keluarnya.. Acara sosialisasi ditutup oleh Sigit, Ketua RW 05 Kelurahan Grogol Utara,  dan dilanjutkan dengan santap siang bersama. (KMS/dhs)

 

 


Berita Terkait Layanan Air Minum

PAM Jaya Pasang Jaringan Pipa Air Bersih di 5 Rusunawa Tanpa Suntikan Modal Pemprov DKI

http://wartakota.tribunnews .com Sabtu, 2 Desember 2017
WARTA KOTA, PALMERAH --- Direktur Utama PT PAM Jaya Erlan Hidayat mengatakan, pihaknya saat ini ... Baca Selengkapnya  

Tindak Lanjut Keinginan Anies, Pam Jaya Pasang Pipa Air Bersih

https://metro.sindonews.com Selasa, 28 November 2017 Yan Yusuf
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta gencar melakukan pemasangan pipa air bersih di ... Baca Selengkapnya  

Pipa PAM JAYA Berhasil Direlokasi, Pipa PGN Segera Menyusul

http://wartakota.tribunnews.com Senin, 27 November 2017 Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Banu Adikara
WARTA KOTA, MAMPANGPRAPATAN -- Proses relokasi pipa PAM JAYA di perempatan Mampangprapatan arah ... Baca Selengkapnya  

PAM Jaya Survei Air Bersih di Rusun Pesakih

http://wartakota.tribunnews.com Senin, 27 November 2017 Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan
WARTA KOTA, CENGKARENG -- Jajaran Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya menyambangui Rumah Susun ... Baca Selengkapnya  

Tower BTS di Cipayung Masih Dievakuasi, Penghuni Rumah Diungsikan

news.detik.com -Seysha Desnikia Minggu 26 November 2017
Jakarta - Proses evakuasi tower Base Transceiver Station (BTS) di Cipayung, Jakarta Timur masih ... Baca Selengkapnya