Kinerja Kuartal 4 2017 - Kinerja Teknis Operator Air Minum JakartaDOWNLOAD  

26 Februari 2018

BRPAM telah melakukan evaluasi  kinerja teknis dari operator pelayanan air minum (PALYJA dan Aetra)  DKI Jakarta pada Kuartal keempat 2017, yaitu periode Oktober-Desember 2017. Pada Kuartal ke-4 2017 tersebut, pencapaian pelayanan air minum khususnya indikator teknis di bagian Barat (PALYJA) dan Timur (Aetra) DKI Jakarta mengalami perbaikan bila dibandingkan dengan Kuartal ke-3 2017. Perbaikan tersebut terjadi pada seluruh parameter, yaitu cakupan pelayanan, jumlah sambungan, produksi air, volume air terjual dan kehilangan air. 

Bila pencapaian parameter teknis tersebut ditinjau terhadap indikator kinerja tahun 2017 yang disepakati Para Pihak (PAM Jaya bersama Mitra Operator), maka untuk wilayah Barat dan Timur di akhir tahun 2017 telah mencapai target pada parameter volume air produksi (production).  Sedangkan untuk parameter volume air terjual (volume sold),  cakupan pelayanan (coverage), jumlah sambungan (connection), dan tingkat kehilangan air (non revenue water, NRW) belum tercapai. Hingga pada akhir 2017 volume sold Jakarta mencapai 98,79% terhadap target 2017, pencapaian coverage  81,44% dari target, jumlah sambungan pelanggan tercapai 93,6%, dan persentase tingkat kehilangan air masih di atas target 2017.  Laporan hasil evaluasi tersebut telah dikirimkan BRPAM kepada PAM Jaya dan Pemda DKI melalui BPBUMD.

Sebagaimana diketahui, BRPAM menerbitkan Laporan Evaluasi Kinerja Pelayanan Air Minum Jakarta setiap tiga bulan (laporan kuartal). Laporan berisi informasi kinerja teknis, pelayanan dan keuangan dengan parameter evaluasi adalah parameter yang telah disepakati dalam PKS (Perjanjian Kerja Sama antara PAM Jaya, sebagai Pihak Pertama dengan PALYJA dan atau Aetra, sebagai Pihak Kedua). Selain evaluasi indikator kinerja, BRPAM juga memberikan advis dan bantuan teknis kepada Para Pihak dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan air minum Jakarta. Untuk mendapatkan laporan lengkap dapat menghubungi kantor BRPAM atau mengirim email kepada sekretariat@brpamdki.org (SH/dhs).


Berita Terkait Layanan Air Minum

Aturan Pelarangan Penggunaan Air Tanah Sedang Digodok Pemprov DKI

http://nusantara.rmol.co JUM'AT, 16 MARET 2018
RMOL. Pemprov DKI dalam akan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pelarangan Penggunaan ... Baca Selengkapnya  

Pemprov Diminta Kaji Kesiapan PAM Jaya Sebagai Penyalur Air

rmol.co JUM'AT, 16 MARET 2018
RMOL. Pemprov DKI Jakarta harus mempertimbangkan kesiapan PT Perusahan Air Minum (PAM) Jaya untuk ... Baca Selengkapnya  

Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal, Ini Komentar PAM Jaya

http://www.republika.co.id Kamis 15 Maret 2018 Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Andri Saubani
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat regulasi yang mengatur ... Baca Selengkapnya  

Swasta Sarankan Anies Bertahap Larang Penggunaan Air Tanah

CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Aetra Air Jakarta menyarankan Pemprov DKI untuk tidak serta-merta ... Baca Selengkapnya  

Pemenuhan Kebutuhan Air Jakarta dari PAM Jaya Masih 60 Persen

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemenuhan kebutuhan air bersih oleh Perusahaan Daerah Perusahaan Air ... Baca Selengkapnya